Selasa, 20 Oktober 2009

Kunci Kehidupan

sebenarnya, setelah saya merefleksikan lebih kedalam tentang diri saya, mencoba mengenal diri saya, dimana orang-orang bilang saya beruntung dalam hidup,ada faktor lucky kata mereka yang selalu menemani dalam perjalanan hidup saya.

Ketika saya masuk lebih dalam ke diri saya....akhirnya saya menemukan kuncinya.
saya termasuk orang yang berani buka suara (angkat bicara), termasuk orang yang vocal, dimanapun lingkungan tempat saya berpijak, artinya saya berusaha konsekuen dengan pilihan hidup yang saya ambil. saat salah, saya belajar mengakui kesalahan yang telah saya lakukan, tapi ketika benar, keadilan harus ditegakkan.
contoh lain, saya yakin semua orang bisa menjawab, dikelas komunikasi saya, dosen saya menanyakan hal yang memang logik dan dapat ditelaah, ketika dosen saya menanyakan tentang definisi motif dan tujuan, meskipun penjelasan yang diberikan berbeda-beda pada tiap orang, saya yakin kesimpulan dari jawaban itu dalam rangkuman pengertian yang sama. saya langsung mengangkat tangan saya, mendefinisikan pertanyaan itu dengan jawaban saya, dan akhirnya nilai 10 pun saya dapatkan, sementara saya perhatikan teman-teman saya, dari bahasa tubuh dan psikologis sikap seseorang yang saya tangkap, sebenarnya mereka tahu jawabannya hanya mereka tidak berani mengambil resiko, entah jika jawaban mereka ditertawakan atau barangkali diberikan tepuk tangan yang meriah.
bagi saya, resiko itu selalu ada selama itu masih bersifat keputusan. artinya keputusan yang kita ambil dalam hidup akan ada faktor resiko dan kemenangan, ketika kita dihadapkan pada sebuah keputusan artinya kita telah siap terhadap resiko yang menghadang, ataupun kemenangan yang menanti didepan kita.

saya bersyukur, kadangkala orang gemas ketika mereka dihadapkan pada pertanyaan yang saya ajukan, segala sesuatu yang tidak jelas, akan terus saya telusuri jawabannya, entah rasa ingin tahu saya yang cukup besar atau saya termasuk kritis dalam berpikir, termasuk juga karena saya agak preman kali ye....hehehe

saya rasa faktor berani mengambil resiko, vocal dan kritis menjadi kunci jawaban kehidupan saya.maksud saya berbagi hal ini dalam blog saya bukan dengan maksud memamerkan sifat preman saya, atau dengan maksud menulis "kekurangan" sendiri, hanya saja saya ingin berbagi kepada pembaca bahwa hidup itu bukan pilihan tapi keputusan, keputusan yang mengajar kita tentang arti lain dari resiko dan kemenangan dalam hidup, so,... hadapilah hidup, katakan bahwa kita siap dengan keputusan hidup yang kita ambil dan kita jalani saat ini.

eits... sebenarnya belum selesai tulisan saya, hanya berhubung ada teman yang menunggu saya malam ini, sms nya sudah sampai di ponsel saya, dia mengatakan " bu, saya sudah didepan kantormu ya" akhirnya harus saya akhiri dulu ya. bye... see u in the next my blog


Beth
20.10.09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar