Jumat, 16 Oktober 2009

Doa = Penebusan Dosa ?


-I-
"Kau pikir kau siapa?" tanyamu.
"beraninya kau mendefinisikan arti sebuah doa di depanku, aku jelas lebih mengerti hal itu."
"kamu lupa bahwa aku pemuka agama di kampung ini, kamu lupa bahwa aku orang beriman, dan apakah kamu lupa aku selalu menjadi pembicara dalam diskusi-diskusi keagamaan. kamu masih terlalu ingusan untuk menjadi mitra diskusi soal doa dengan aku!!".


-II-
"Ah... mereka pikir dengan cara menunduk-nunduk, menyembah, bernyanyi, memakai pakaian keagamaan yang serba putih dan bersih, mereka sudah layak disebut orang beriman, mereka sudah mengagung-agungkan Tuhan, apa mereka pikir mereka adalah orang-orang suci, bebas dari dosa hanya karena mereka berdoa? dosa, kesalahan, kajahatan bisa lunas hanya dengan modal mulut bicara?"


-III-
"Aku belum makan seharian itu, telah aku korek-korek sisa makanan yang masih layak dimakan, di semua tempat sampah kampungku,tapi nyatanya semua telah menjadi belatung, menyebarkan bau yang tidak wajar, ingin aku makan saja, aku gak peduli, serasa hidung dan mataku sudah tidak berfungsi lagi gunanya.mereka mengatakan sampah-sampah makanan ini bau, bagiku seperti hidangan lezat tersaji untuk perutku yang keroncongan, dahagaku juga haus, bulir-bulir keringat ini bukan karena aku kepanasan tapi karena aku menahan sakit yang menusuk perutku, lambungku. tadi siang aku telah ketuk pintu-pintu rumah warga kampungku,untuk meminta sekiranya sedikit makanan untukku, namun mereka malah meludahiku, menyuruhku menyingkir dari hadapan mereka, karena aku bau, kotor. mereka mencerca aku, mendorongku jatuh sampai ke parit. aku memang kotor, kelihatan hina, tapi kalian yang berpakaian bersih, justru bisa berbuat kotor kepadaku, bahkan untuk sesamamu, kalian berteriak dalam menyembah Tuhan, tapi kalian malah menutup mulut, menyimpan tangan kalian pada saku celana, ketika aku terjatuh. kalian menangis dalam doa, tapi kalian mencaci maki untuk orang seperti aku. baiklah kiranya aku tetap menjadi seperti ini".


Beth
16.10.09

1 komentar:

  1. Iyaa bet, emang byk bgt orang ky gt, mungkin termasuk g jg x, tanpa g sadari, so yg terpenting skrg qta mesti mulai bt refleksiin diri qta.. bercermin & trslah bercermin kata Ebiet.G.Ade mah.... so many thx 4 u'r article... lanjut sist!!

    BalasHapus