Senin, 15 Desember 2008

Kesadaran

Seseorang yang sangat mempengaruhi hidup saya dengan cara pandangnya adalah Soe Hok Gie.”dia” dapat masuk dalam hidup saya ketika ada seseorang yang memperkenalkan sosok itu kepada saya.
Kerasnya dia, cara dia mempertahankan argumen kebenarannya...
dia yang dikucilkan hanya karena ia pantang menyerah dari pada kemunafikan.

Dikutip dari CHSD“ lebih baik diasingkan dari pada menyerah pada kemunafikan” Stop semua kenunafikan, stop semua pembunuhan atas nama apapun, tidak ada rasa benci terhadap apapun, terhadap agama apapun, bangsa apapun, lupakan semua perang dan kebencian dan hanya sibuk dengan pembangunan dunia yang lebih baik (dikutip, john maxwell).

Itulah dasar dari Gie... kokoh dari ancaman apapun, sekokoh batu karang, sendiri.... dan merasa terasing...dalam keterasingannya, hanya alam yang menjadi temannya untuk berdiskusi...
Coba lihatnya beberapa puisi yang gie buat pada saat berada di mandalawangi, dan puisi ini salah satunya dan terkenal di kalangan pendaki gunung hingga sekarang.

(dikutip dari CHSD)
Mandalawangi – Pangrango
Senja ini, ketika matahari turun kedalam jurang-jurangmu
aku datang kembali
kedalam ribaanmu, dalam sepimu dan dalam dinginmu
Walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna
aku bicara padamu tentang cinta dan keindahaan
dan aku terima kau dalam keberadaanmu
seperti kau terima aku

Aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi
sungaimu adalah nyanyian keabadiaan tentang tiada
hutanmu adalah misteri segala
cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta
Malam itu ketika dingin dan kebisuan menyelimuti mandalawangi
kau datang kembali
dan bicara padaku tentang kehampaan semua

“hidup adalah keberanian, menghadapi yang tanda tanya
tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar
terimalah dan hadapilah”
dan antara ransel-ransel kosong dan api unggun yang membara
aku terima ini semua
melampaui batas-batas hutanmu, melampaui batas-batas jurangmu
Aku cinta padamu Pangrango
karena aku cinta pada keberanian hidup

(jakarta,19-7-1966)

menurutku, naik gunung adalah belajar untuk tidak egois, belajar kepada alam dan belajar untuk tersadar (cetak tebal dari saya), tahun 2005 pun aku sempat mendaki gunung pangrango bersama teman-teman pejantan tangguh saya, sementara hanya saya yang lumayan cantik diantara mereka . “i will be back pangrango....”

Dan Gie menjelang ulang tahunnya yang ke-27, pernah menulis dalam buku hariannya “ saya juga punya perasaan untuk selalu ingat pada kematian, saya ingin ngobrol-ngobrol pamit sebelum ke semeru....” akhirnya..... ia pergi juga diselimuti kabut Gunung semeru, dalam pelukan sahabatnya... dingin.... hampa.... kemudian menjadi sepi...... senyap..... semua berduka atas kepergiannya... hanya terdengar semburan angin dingin yang menyambutnya.
satu lagi yang selalu disukai gie adalah Lagu Donna Donna (John Beaz)

On a waggon bound for market
there's a calf with a mournful eye
high above him, there's a swallow
wingging swiftly through the sky
How are winds are laughing
they laught with all their might
laught and laught the whole day through
and half the summers night
Donna, donna, donna, donna;
Donna, donna, donna, don
Donna, donna, donna, donna ;
Donna, donna, donna, don
Stop complining! said the falmer
who told you a calf to be?
Why don't you have wings to fly with,
like the swallow so proud and free?
Calves are easily bound and slaughtered,
never knowing the reason why
but whoever treasures freedom
like the swallow has learned to fly

satu dari buku yang saya referensikan adalah “Tuesday with morrie,(mitch albom)”, kamu belajar mencintai kekurangan kamu, kamu belajar bagaimana menikmati hidup dalam ketidakberdayaanmu, dan pada ahirnya kamu telah lulus menganai 1 pelajaran tentang hidup yaitu menerima......”life is a journey” (cetak tebal dari saya)
Morrie told mitch in collage of life's tension of opposite” . Opposing forces in life constantly pull us back and forth.But, inevitably, love always wins.(cetak tebal dari saya), dikutip dari buku TWM.

Lesson 1 : to be more expressive, especially emotionally, and continues your effort with lesson on love.
Lesson 2 : we must somethimes ignore aur contemplative side and simply develop a blind trust.
Lesson 3 : Explains that societydoes not make us focus on such things until we are about to die.
Lesson 4 : The loving relationships we have, the universe around us, we take these things for granted.
Lesson 5 : On the long list of important things in life, family is close to the top, family provides you with a connection deeper and longer lasting than any friendship.
Lesson 6 : believe allowing ourselves to become fully immersed in our emotions make us better and able to detach ourselves from the experience.
Lesson 7 : the way to truly satisfy ourselves is to give out what we have, time,love, and companionship as well.
Lesson 8 : one must simply respecthis or her spouse, learn to compromise, mintain an open relationship, commit to a common set of values, and respect the importance of the idea of marriage.

Itu diantaranya pelajaran yang saya dapat dari buku ini, semoga kamu pun pada saat yang sama membaca buku itu mendapatkan hal yang sama....
dan biasanya pada saat yang sama, saat waktu saya agak senggang, saya menyempatkan diri membaca buku apapun..... tentunya lebih nyaman sambil mendengarkan lagu.
Ini dia lagu yang saya suka, dan inipula yang saya jadikan RBT di Hp saya.

Everybody Hurts (the corrs)

When your day is long and the night ,the night is yours alone
whene you're sure you've had enoughh of this life ,well hang on
Don't let yourself go cause everybody cries
and everybody hurts sometimes
Sometimes everything is wrong ,now it's time to sing along
(when your day is night alone)

Hold on, hold on (if you feel like letting go)
Hold on...if you're sure you've had to much of this life
Hang on
Cause everybody hurts, sometimes, take comfort in your friends
and everybody hurts.....

Don't blow your head, oh...no....
don't blow your head, if u feel like you're alone....
no no no, you're not alone.
If you're on your own, in this life
and the days and nights are along
If you're sure you've had to much of this life, to hang on
well, everybody hurts
sometimes, everybody cries
sometimes, everybody hurts
sometimes...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar